Keunggulan Pipa Besi Dibandingkan Jenis Pipa yang Lain

Pipa besi merupakan salah satu material yang banyak dipakai sebagai bahan konstruksi. Selain untuk saluran air dan gas, pipa besi umumnya difungsikan sebagai rangka penyangga, pegangan tangga, serta pagar rumah. Bahkan, pipa besi juga kerap dipakai sebagai tiang penyangga papan iklan besar yang biasa ditempatkan di tepi jalan raya.

Jika dibandingkan dengan jenis pipa yang lain, pipa besi memiliki banyak keunggulan. Berikut ini keunggulan pipa besi yang perlu Anda ketahui.


Kuat


Bahan besi memiliki karakteristik yang kuat. Saat berbenturan dengan benda lain, pipa besi tidak akan mudah koyak, patah, bengkok, atau berlubang.

Jika dibutuhkan dalam ukuran yang lebih panjang, pipa besi bisa disambung melalui proses pengelasan. Dengan begitu, kedua sambungan logam bisa menyatu dan kemungkinan adanya kebocoran pun bisa terminimalisasi.


Daya Tahan Tinggi


Perubahan cuaca yang tidak menentu memang kerap membuat bahan-bahan konstruksi mudah lapuk atau keropos. Jika dibiarkan terus menerus terkena panas dan hujan, bahan-bahan tersebut tentu tidak akan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Namun, hal tersebut tentu berbeda jika bahan yang digunakan berasal dari material besi.

Pipa besi atau material dari besi merupakan bahan yang memiliki daya tahan tinggi. Sebagai contoh, meskipun berada di luar ruangan, pagar rumah berbahan besi tetap kokoh berdiri selama puluhan tahun.

Selain itu, bahan besi juga tergolong material anti-rayap dan jamur. Sekalipun diletakkan di lokasi dengan kondisi yang lembap dan minim cahaya, pipa besi tidak akan dimakan rayap atau ditumbuhi jamur. Dengan demikian, pipa dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.


Tersedia dalam Beragam Jenis


Di pasaran, kini sudah ada beragam jenis pipa besi. Berikut ini beberapa jenis pipa besi yang paling banyak dicari pembeli.
  • Pipa Hollow
Pipa hollow adalah pipa berbahan besi yang memiliki bentuk kotak. Pipa ini biasa digunakan sebagai bahan pagar dan kerangka bangunan. Karena bentuknya yang praktis, pemasangan pipa hollow biasanya tergolong mudah sehingga bisa dilakukan dalam durasi yang lebih singkat.
  • Pipa Ductile
Pipa yang dibuat dengan menggunakan teknologi sentrifugal ini merupakan salah satu pipa besi terkuat yang ada sepanjang masa. Pipa ini bahkan mampu bertahan saat terjadi gempa. Selain itu, pipa ductile juga sudah teruji anti-karat meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun dalam berbagai kondisi cuaca.
  • Pipa Welded
Pipa welded merupakan salah satu jenis pipa besi yang cara pembuatannya dilakukan dengan menggabungkan dua sisi tepi lempeng. Ciri khas yang tampak jelas dari pipa ini adalah keberadaan garis sambungan pipa.

Agar terjamin keamanannya, pipa welded biasanya diproduksi oleh perusahaan yang telah tersertifikasi. Selain itu, pengawasan terhadap pembuatan jenis pipa ini juga dilakukan secara ketat. Jika tidak, sambungan pipa yang dilakukan melalui proses pengelasan bisa menimbulkan kebocoran yang menjadikan pipa berbahaya saat digunakan.
  • Pipa Seamless
Berbeda dari pipa welded yang dibuat dengan menggabungkan dua sisi lempeng logam, pipa seamless justru tidak memiliki sambungan. Pipa ini dibuat melalui proses pelubangan pada sebuah silinder sehingga bisa diperoleh sebuah pipa utuh yang kuat dan berdaya tahan tinggi.

Ukuran Bervariasi

Pipa besi kini sudah tersedia dalam berbagai ukuran dengan diameter dan ketebalan yang berbeda. Pipa hollow misalnya. Pipa berbentuk kotak memanjang ini tersedia dalam banyak ukuran. Di pasaran, setidaknya ada 50 macam ukuran. Pipa hollow terkecil memiliki ukuran 15 x 30 x 0,60 mm per batang. Sementara itu, pipa hollow terbesar memiliki ukuran 50 x 50 x 2 mm.

Banyak Tersedia Di Pasaran


Mencari pipa besi tidaklah sulit. Pasalnya, kini sudah ada cukup banyak toko material yang menyediakan beragam model pipa besi berbagai ukuran. Bahkan, pipa besi kini juga dapat Anda beli secara daring (online). Jadi, Anda bisa mendapatkan pipa besi tanpa harus keluar rumah. Bahkan, dengan cara pembelian online tersebut, Anda juga bisa memesan berbagai pipa besi impor yang tidak diproduksi di Indonesia. Selamat berbelanja

UNTUK MENGETAHUI INFO 
HARGA DAN PEMESANAN

HUBUNGI : DERRY
HP : 
081212533385 / 081807075481 / 0811982100 (WA) 
EMAIL : pabrik.harmonika@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar